Jepang Tidak Terima Korea Utara Luncurkan Rudal

Dok. Uji coba rudal balistik Korea Utara (photo : KCNA/EPA)



KABAR MILITER, Palm Beach – Korea Utara menembakkan rudal balistik ke lepas pantai pesisir timur wilayah mereka, Minggu dinihari (waktu setempat). Menurut militer Korea Selatan, ujicoba rudal ini merupakan pelontaran pertama oleh Korea Utara sejak Donald Trump menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Uji coba itu dilakukan sehari setelah Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengadakan pertemuan puncak dengan Trump dimana pada saat itu Trump menegaskan komitmen AS untuk keamanan Jepang.

Pihak Pentagon mengatakan rudal yang dilontarkan adalah rudal jarak menengah.

“Sistem komando Strategis AS melacak sesuatu yang kami ketahui sebagai peluncuran rudal oleh Korea Utara pada pukul 4.55 pagi,” ujar Pentagon.

Pelontaran rudal jarak-menengah terjadi di sebelah barat laut kota Kusong.

“Rudal itu terlacak dari Korea Utara menuju Laut Jepang.” Peluncuran rudal tersebut tidak pernah mengancam Amerika Utara, demikian disebutkan tetapi tidak menjelaskan apakah peluncuran itu berhasil atau gagal.

Pentagon menjelaskan pasukannya akan “tetap waspada menghadapi provokasi dari Korea Utara dan berjanji sepenuhnya untuk bekerjasama erat dengan sekutu-sekutunya Korea Selatan dan Jepang dalam menjaga keamanan.”

Peluncuran uji coba rudal oleh Korea Utara sungguh merupakan tindakan yang tidak dapat diterima, ujar Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam jumpa pers bersama dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Florida, Sabtu waktu setempat.

sumber : Antara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jepang Tidak Terima Korea Utara Luncurkan Rudal"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.